Advertiser

Favorit Song ( Marry Your Daughter)

Sunday, October 13, 2013

Cara Mengetahui Minat dan Bakat

Mengenali bakat dan minat itu amat penting, dan caranya mudah saja. Cobalah menerapkan trik berikut ini.

* Apakah di bidang ini, saya bisa melakukan lebih baik daripada orang lain?
* Apakah di bidang ini, saya merasa santai dan senang dalam melakukannya?
* Apakah di bidang ini, selama ini bos saya suka dengan hasil kerja saya?

Kalau jawaban atas ketiganya adalah Ya, maka itulah bakat Anda!
Selamat, Anda sudah berhasil mengenali diri sendiri dengan baik!

Sebagai contoh, saya sendiri. pada tahun-tahun silam, modal saya masih belum banyak, dan saya mencoba mencari penghasilan tambahan. "Di bidang apa aku merasa nyaman dan mampu melakukan segalanya dengan baik?", tanya saya kepada batin sanubari saya sendiri.

Setelah berpikir beberapa lama, ternyata saya menyukai dunia tulis menulis. pada 2005, satu tulisan saya sempat masuk dimajalah komputer PcPlus. Dan teman-teman yang saya ajari skripsi, rata-rata mengatakan tulisan saya cukup mudah dipahami.

Sementara di lain pihak,saya biasa menulis artikel maupun makalah ilmiah sambil memasang headphone (sebuah alat untuk dengarkan lagu) dan mendengarkan berbagai lagu pop Jepang maupun Barat. Sementara tangan saya sibuk mengetik, kepala saya bergoyang-goyang mengikuti alunan nada musik pop nan aduhai tersebut. Dengan kata lain, saya merasa diri saya cukup menikmati aktifitas tulis menulis.

Nah, karena ketiga kriteria yang saya sebutkan tadi, sudah saya penuhi di dunia tulis menulis, saya merasa dunia ini ada jodoh dengan bakat-minat saya. Maka saya pun mencobanya. memang awalnya tidak mudah, tetapi seiring waktu berjalan, segalanya terasa lebih mudah. Hingga suatu ketika sebuah judul buku saya menjadi bestseller. Hip hip hurray!

Ilustrasi kisah nyata saya pribadi tersebut, menerangkan bahwa Anda pun bisa mencari penghasilan tambahan yang sesuai bakat Anda.  Mengasyikkannya, sembari dompet Anda makin tebal dengan penghasilan tambahan tersebut, di lain pihak Anda juga menikmati aktifitas mencari uang tersebut. Betul-betul menyenangkan, bukan?

"Kriteria bakat adalah dibidang tersebut hasil kerja Anda di atas rata-rata dan Anda suka melakukannya."

2 comments: